Cara Membuat Spasi di HTML Tanpa Ribet

1 min read

Kembali lagi di blog saya kodekreasi.com , kali ini saya akan membahas tentang cara membuat spasi di html dengan mudah. Jika anda sedang menggunakan microsoft word tentu akan sangat mudah sekali untuk menambahkan spasi, tab bahkan enter antar kata maupun paragraf kalimat yang sedang kalian buat , namun hal tersebut tidak berlaku di scribt HTML. Pada saat melakukan programming dengan scribt HTML, ketika kita menambahkan sebuah karakter spasi,tab atau enter antar kata pada scribt yang sedang kita buat maka hal tersebut tidak akan berpengaruh terhadap hasil tampilan dari scribt html tersebut dan hanya akan menampilkanya sebagai spasi tunggal saja. Di dalam HTML karakter-karakter tersebut memiliki nama samaran tersendiri untuk mengoperasikanya. Berikut adalah alternatif cara membuat jarak antar kata di html :

Cara Membuat Spasi di HTML Tanpa CSS

Ada beberapa perintah yang dapat digunakan untuk menambahkan spasi pada scribt html tanpa perlu repot-repot menambahkan scribt CSS. Untuk penulisan perintah tersebut langsung dituliskan pada scribt html. berikut adalah contoh-contohnya :

  1. Non Breaking Space ( Spasi Tetap )

Perintah spasi tetap (atau spasi tanpa pemotongan) biasanya digunakan untuk mencegah adanya pemotongan baris atau spasi pada posisi penempatan karakter. Jika Kalian terlalu banyak menggunakan perintah ini pada suatu halaman website maka peramban akan kesulitan untuk menyisipkan pemotong baris secara rapi sehingga teks menjadi sulit dibaca. Contoh dari spasi tetap adalah   atau   . Untuk penggunaanya sendiri biasanya perintah tersebut akan disisipkan diantara kedua kata yang akan dipisahkan menggunakan spasi seperti pada gambar dibawah ini.

Alternatif Cara Menyisipkan Spasi di HTML

2. Menyisipkan spasi dengan lebar yang beragam.

Jika pada contoh sebelumnya kita telah belajar menambahkan spasi tetap dengan panjang spasi sebesar 1 spasi biasa, pada contoh yang ke dua ini kita akan mencoba membuat spasi antar kalimat menggunakan perintah    atau   .

Perintah &ensp ; digunakan untuk menyisipkan spasi dengan jarak dua spasi biasa sedangkan perintah &emsp ; digunakan untuk meyisipkan spasi dengan jarak sebesar empat kali spasi biasa. Berikut adalah contoh penggunaanya :

sisipkan spasi di HTML

Sekian artikel dari saya kali ini mengenai cara membuat spasi di html semoga dapat membantu kalian.

One Reply to “Cara Membuat Spasi di HTML Tanpa Ribet”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *