Apa Itu Dedicated Hosting

1 min read

Dedicated Hosting beberapa diantara kalian pasti masih asing dengan istilah tersebut . Dedicated hosting adalah lingkungan hosting di mana satu atau lebih server dicadangkan hanya untuk satu klien saja. Klien secara efektif menyewa server dari penyedia. Penyedia menyediakan mesin server, konektivitas dan perangkat lunak serta sistem operasi yang diperlukan untuk menjalankan server.

Konfigurasi ini juga dapat dibagi menjadi dua kategori yaitu hosting khusus yang dikelola dan tidak dikelola. Berikut adalah penjelasanya :

  1. Untuk hosting yang dikelola, penyedia akan menyediakan layanan menjalankan dan memelihara server dalam pusat data mereka sendiri. Ini adalah pilihan yang baik jika Anda tidak memiliki personel, uang atau waktu untuk mengoperasikan server sendiri. Ini adalah pilihan tepat untuk pengembang web yang tidak ingin terhalang oleh aktivitas manajemen server yang membutuhkan biaya yang tidak sedikit.
  2. Sedangkan untuk hosting yang tidak dikelola, akan ada banyak fitur dukungan dan pemeliharaan yang tidak disediakan oleh penyedia dan akan dilakukan oleh pelanggan sendiri. Ini biasanya merupakan pilihan bagi administrator sistem yang ingin mengelola sendiri server mereka.

Dedicated hosting adalah kebalikan dari shared hosting di mana server akan digunakan oleh beberapa pelanggan yang berbeda. Sangat penting untuk situs web besar dan kompleks yang membutuhkan banyak ruang disk, bandwidth, aplikasi dan perangkat lunak untuk beroperasi. Jenis ini adalah pilihan yang sempurna bagi situs web untuk mempertahankan volume trafic yang tinggi dan transfer data yang cepat. Ini memungkinkan webmaster untuk memiliki kontrol total terhadap situs web mereka karena kinerja situs web mereka hanya dikendalikan oleh faktor internal dan bukan oleh situs web lain. Untuk pengembang web, pemasangan dan pemasangan aplikasi yang rumit seperti alat belanja online dan alat otomatis dapat dilakukan tanpa mempengaruhi stabilitas server.
Penting untuk Anda mengetahui berbagai layanan yang ditawarkan oleh penyedia hosting yang berbeda karena tidak ada standar yang ditetapkan untuk hosting khusus yang dikelola. Akan ada berbagai tingkat dukungan yang diberikan, tergantung pada paket dan persyaratan oleh pelanggan. Ada juga berbagai pengaturan dan ruang lingkup pemeliharaan untuk server. Misalnya, ada penyedia yang menyediakan infrastruktur bersama untuk database backend sementara klien meng-host aplikasi mereka di server tetap. Sebaliknya, ada juga konfigurasi di mana aplikasi di-host pada infrastruktur bersama sementara database backend pada server tetap.
Dalam hal keamanan, kontrol fitur keamanan untuk hosting khusus jauh lebih besar dibandingkan dengan hosting bersama. Penyedia biasanya akan menyediakan fitur keamanan ekstrim untuk memerangi potensi ancaman keamanan ke situs web yang di-host. Selain itu, server hanya dapat diakses oleh pemilik situs dan penyedia, yang berarti bahwa akan ada lebih sedikit kemungkinan pelanggaran keamanan.
Singkatnya, pengambilan hosting khusus akan meningkat secara signifikan karena booming situs web e-commerce yang kompleks dan berbagai fungsi yang ditingkatkan yang dapat ditawarkan situs web, sehingga membutuhkan lebih banyak sumber daya dan stabilitas pada platform. Untuk pemula, saran saya mulailah dari yang kecil yaitu dengan shared hosting, kemudian untuk meningkatkan kemampuan bersama dengan fungsi situs web, dan akhirnya pindah ke lingkungan hosting khusus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *