10 Aplikasi Database Gratis Alternatif PhpMyAdmin

3 min read

Aplikasi Database Gratis Alternatif PhpMyAdmin

Hai kembali lagi di kodekreasi.com , setelah pada tutorial sebelumnya kita telah mempelajari apa itu mysql serta kita juga sudah berhasil melakukan penginstallan mysql , di tutorial kali ini kita akan membahas tentang 10 aplikasi database gratis alternatif PhpMyAdmin yang akan mempermudah kinerja kalian sebagai MySQL Administrator dikarenakan berbentuk gui sehingga lebih mudah digunakan dibandingkan harus menggunakan CMD atau MySQL Command Line Client .

Apa Itu PhpMyAdmin ?

phpMyAdmin adalah aplikasi web untuk mengelola database MySQL dan database MariaDB dengan lebih mudah melalui antarmuka (interface)grafis. Aplikasi web ini ditulis menggunakan bahasa pemrograman PHP.

Fungsi phpMyAdmin adalah untuk memberikan efisiensi bagi para pengembang web atau web developer untuk menggunakan semua perintah atau tulisan yang dituliskan dalam bahasa SQL yang sudah tersedia didalamnya.

PhpMyAdmin sendiri cukup populer dikalangan para pengembang web , berikut ini adalah beberapa kelebihan phpMyAdmin yang membuatnya cukup populer dikalangan pengembang web :

  • Tersedia antarmuka berbasis web yang memiliki fitur lengkap dan mudah digunakan.
  • Tersedia fitur import database
  • Tersedia fitur export database ke berbagai format seperti CSV, SQL, XML, PDF, ISO /IEC 26300, spreadsheet excel, word, dan lainya
  • Tersedia fitur untuk mendesign database.
  • Membuat perintah query kompleks dengan fitur Query-by-example (QBE)

Namun diantara kelebihan yang di miliki oleh phpMyAdmin tersebut ternyata ada beberapa kekurangan dari phpMyAdmin diantaranya yaitu phpMyAdmin hanya mendukung database MySQL dan Maria DB . hal tersebut dirasa cukup menjadi masalah bagi para pengembang perangkat lunak khususnya web developer dimana pada beberapa kasus project terkadang client meminta untuk menggunakan basis data lain selain MySQL dan MariaDB sehingga para developer harus memutar otak mereka untuk mencari alternatif lain pengganti phpMyAdmin untuk membantu menunjang pekerjaan mereka.

10 Aplikasi Database Gratis Alternatif PhpMyAdmin

Pada tutorial ini kodekreasi akan memberikan beberapa contoh alternatif aplikasi database Gratis pengganti phpMyAdmin berikut adalah contoh-contohnya.

1. DBManager

DBManager adalah aplikasi yang paling powerful untuk manajemen data. Aplikasi ini mendukung untuk MySQL, PostgreSQL, Interbase/Firebird, SQLite, DBF tables, MSAccess, MSSQL Server, Sybase, Oracle dan mesin database ODBC. DBManager ada dua versi, yaitu Standart dan Enterprise. Kita bisa memilihnya sesuai kebutuhan. Untuk yang versi standar benar-benar fungsional dan terdapat beberapa fitur canggih yang tidak dimiliki software lain untuk manajemen database, sedangkan untuk versi enterprise merupakan produk komersial, meskipun terbilang murah dibanding dengan produk yang tersedia dipasar tapi untuk fitur-fiturnya tidak kalah canggihnya.

2. dbForge Studio

dbForge Studio adalah sebuah tools manajemen database MySQL yang menyediakan satu set lengkap alat untuk manajemen server dan administrasi. dbForge Studio juga menawarkan tools untuk database development, administrasi dan SQL query. Kombinasi fitur yang baik membuat dbForge Studio menjadi pilihan yang sempurna untuk database developer dan administrator bahkan cocok juga untuk pemula.

3. HeidiSQL

HeidiSQL sangat ringan, dengan tampilan interface yang berbasis windows untuk database MySQL. Kita bisa menelusuri dan mengedit data, membuat dan mengedit tabel, views, procedures. Kita juga bisa export struktur dan data baik ke file SQL, clipboard atau ke server lain.

4. MyDB Studio

MyDB Studio memiliki tools yang lengkap dan sangat berguna untuk administrasi server MySQL. Beberapa fitur MyDB Studio:

  • Export database ke tabel XML, Excel, Word
  • Support foreign key
  • Mengoptimalkan tabel dengan auto-detect support
  • Memperbaiki tabel dengan Table Doctor
  • Execute single/multiple query dalam SQL editor
  • Hasil export di XML, Excel, Word, CSV
  • Create instant Create query
  • Create instant SELECT query
  • Create instant Delete query

5. MySQL Workbench

MySQL Workbanch adalah sebuah tools untuk melakukan manajemen pada database MySQL dalam bentuk GUI. Fungsi MySQL Workbench sendiri adalah untuk menyediakan DBA dan development tools untuk:

  • Database Design & Modeling
  • SQL Development (menggantikan MySQL Query Browser)
  • Database Administration (menggantikan MySQL Administrator)

6. Navicat for MySQL

Navicat for MySQL adalah tools MySQL yang powerful untuk administrasi dan database development. Navicat for MySQL bekerja dengan MySQL database server dari versi 3.21 atau diatasnya, serta mendukung fitur-fitur terbaru seperti MySQL Trigger, Stored Procedure, Function, Event, View, Manage User, dan lain-lain.

7. Adminer

Adminer adalah sebuah tools manajemen database berbasis web yang cukup sederhana namun powerfull. Tidak hanya dapat digunakan pada database MySQL ternyata Adminer ini sudah mendukung beberapa basis data lain seperti Oracle, SQL Lite, PostgreSQL dan MS SQL. Untuk menginstall Adminer ini kalian tidak perlu menyisihkan space yang besar pada komputer kalian dikarenakan Adminer ini hanya terdiri dari satu file saja  dengan ukuran kurang dari setengah Mega. Fungsi fungsi pada adminer ini hampir sama pada phpMyAdmin namun pada adminer ini tidak tersedia fitur untuk design database.

8. Spotlight on MySQL

Spotlight on MySQL adalah tools yang dapat mendeteksi kesalahan pada database dalam waktu singkat, karena aplikasi ini mendiagnosa masalah MySQL secara real time dan menampilkan semua aktivitas database. Spotlight on MySQL secara otomatis bisa membangun kecepatan internal flow dan indikator aktivitas yang lain. Ketika telah mencapai batasnya, Spotlight on MySQL akan mengirimkan peringatan visual.

9. Toad for MySQL

Toad for MySQL merupakan freeware development yang bisa secara cepat membuat dan mengeksekusi query, mengotomatisasi manajemen objek database, serta mengembangkan kode SQL lebih efisien. Toad for MySQL juga dapat meningkatkan produktivitas dan menyediakan akses ke komunitas pengguna.

10. WWW SQL Designer

WWW SQL Designer adalah sebuah tools untuk menggambar dan memebuat skema database (diagram ER) langsung di browser, tanpa memerlukan program eksternal (flash). Kita hanya perlu mengaktifkan JavaScript. WWW SQL Designer mendukung Mozilla (Firefox, Seamonkey), Internet Explorers (6, 7, 8), Safari dan Opera. Selain itu WWW SQL designer juga mendukung banyak fitur database, seperti keys, foreign key constraints, comments dan indexes. Kita juga bisa menyimpan, mencetak atau eksport desain sebagai script SQL.

Sekian artikel dari saya kali mengenai 10 Aplikasi Database Gratis Alternatif PhpMyAdmin , jangan lupa baca artikel saya yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *