Belajar php untuk pemula

1 min read

Mengapa perlu belajar PHP ?

Bagi kalian yang masih pemula PHP merupakan bahasa pemrogramman yang mudah untuk kalian pelajari. Jika kalian mau belajar PHP sangat mudah menemukan blog-blog atau website yang membahas PHP. terus php itu apa sih mengapa kita perlu belajar PHP ? . PHP merupakan bahasa pemrogram pada sisi server atau backend dari website kita. PHP sering digunakan untuk mengatur logika-logika atau alur kerja pada suatu website. Selain mengatur logika-loika pada website ,PHP juga digunakan untuk berinteraksi dengan database sehingga website yang kita bagun akan menjadi lebih dinamis sehingga akan memudahkan kita dalam proses management website yang telah kita bangun. PHP merupakan salah satu bahasa perograman yang masih eksis dan sering digunakan sampai saat ini. Bahkan hampir sekitar 50% website-website diseluruh dunia saat ini masih menggunakan bahasa pemrograman PHP. Didukung dengan framework seperti Laravel,Codeigniter,Slim,Yii,dll yang dapat memudahkan kalian dalam proses pembuatan website menjadikan PHP wajib anda ketahui jika ingin terjun di dunia programming khususnya sebagai web developer.

Terus secara teori apa itu PHP ?

Hypertext Prepocessor atau yang sering dikenal dengan PHP adalah bahasa pemrograman yang didesain khusus untuk web development atau pengembangan web. PHP memiliki sifat Server-Side karena PHP dijalankan atau dieksekusi dari sisi server. Maksud dijalankan dari sisi server adalah PHP dijalankan pada komputer server dan bukan pada komputer client .Untuk menjalankan skrip php diserver dibutuhkan sebuah web server seperti nginx atau apache. PHP mulai dikembangkan oleh Rasmus Lerdofr pada tahun 1995. Situs resmi PHP itu sendiri adalah http://www.php.net .

Apa saja persiapan yang dibutuhkan untuk belajar PHP ?

  1. Teks Editor.
    Teks Editor akan kita gunakan sebagai media untuk menuliskan program PHP yang akan kita buat .Text Editor umumnya hanya mempumyai fungsi untuk menulis kode program tanpa disertai compiler yang terintegrasi.Didalam Text Editor biasannya terdapat fitur umum seperti syntax highlighting, search, replace, memberikan komentar pada sebuah blok kode program, code folding, line number, line marking, snippet, dan lainnya. Ada banyak teks editor yang dapat kalian gunakan seperti diantaranya Sublime Text, Notepad, Notepad++,Visual Studio Code dan masih banyak yang lain tetapi saya lebih menyarankan anda menggunakan visula studio code karena lebih mudah dalam penginstalan fitur-fitur yang telah tersedia di visual studio code untuk mempermudah proses programming kalian.
  2. Web browser
    web browser digunakan untuk melihat hasil dari program php yang telah kita tulis serta juga akan menampilkan error dari program yang telah kita buat jika terdapat error.
  3. PHP
    Tentu jika kita ingin mengeksekusi program php dalam laptop,pc atau server kita, kita membutuhkan sebuah interpreter PHP yang akan berguna untuk menterjemahkan program PHP kita agar dimengerti oleh komputer.
  4. Web Server,Database server dan phpmyadmin
    Untuk tahap belajar akan lebih mudah jika kalian menginstall xampp sehingga kita tidak perlu menginstall satu persatu lagi web server dan database. Didalam instalan xampp kita sudah langsung dapat menjalankan Web Server Apache,Database Mysql serta Phpmyadmin untuk memudahkan kalian dalam proses management di databasenya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *