Cara buat database di CMD MySQL pada Windows 10

1 min read

Cara buat database di CMD

Hai kembali lagi di kodekreasi.com , setelah pada tutorial sebelumnya kita telah belajar mengenai Cara Membuka MySQL di CMD . Pada tutorial kali ini kita akan belajar cara buat database di CMD . Dalam proses implementasi pembuatan sebuah database perangkat lunak , pembuatan database ini merupakan tahap awal dalam pembuatan sebuah perangkat lunak yang selanjutnya baru diikuti dengan pembuatan tabel beserta kolomnya. Pemberian nama pada sebuah database tidak dapat dilakukan dengan sembarangan namun harus tetap relevan dengan bagian dari perangkat lunak yang sedang dikembangkan. Untuk membuat database di cmd mysql, kita dapat menggunakan perintah CREATE DATABASE. Berikut perintahnya:

CREATE DATABASE [IF NOT EXISTS] nama_database

Perintah CREATE DATABASE diatas berguna untuk membuat sebuah database, sedangkan IF NOT EXISTS berguna untuk mengecek apakah database sudah ada atau belum jika database sudah ada maka perintah pembuatan database akan dibatalkan.

Cara Buat Database di CMD

Langsung saja kita mulai tutorial pada kali ini . Pada tutorial kali ini kita akan buat sebuah contoh kasus dimana kita akan membuat sebuah database dengan nama db_latihan. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Klik Start Menu -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt.
  2. Ketikan “CD C:\xampp\mysql\bin” untuk pengguna XAMPP. Jika sudah klik tombol enter.
  3. Ketikan “mysql –u root –p”. Lalu tekan tombol enter.
  4. Silahkan masukan password user root, jika ada. Namun, Jika tidak ada kosongkan saja. Kemudian tekan tombol enter.
  5. Ketikan perintah SQL di bawah ini. Kemudian tekan tombol enter untuk mengeksekusinya.
CREATE DATABASE db_latihan;

Jika perintah telah dijalankan oleh server dan berhasil, maka pernyataannya seperti ini “QUERY OK, 1 row affected (0.00 sec)” berarti database telah berhasil dibuat. Untuk memastikan jika database telah berhasil dibuat kalian bisa mengikuti artikel Cara menampilkan database di cmd berikut.

Sekian artikel kali ini mengenai Cara buat database di CMD MySQL pada Windows 10 yang dapat saya sampaikan. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *