Tutorial Laravel 1 – Cara Instal Laravel Step by Step

2 min read

Selamat datang di seri belajar programming gratis kodekreasi.com yang akan membahas seluk beluk tentang framework php yang sedang naik daun yaitu framework laravel. Pada sesi tutorial laravel saya yang pertama ini saya akan membahas tentang cara instal laravel yang akan saya praktikkan step by step sehingga diharapkan kalian dapat memahaminya serta mengimplementasikanya sebelum beranjak ke sesi selanjutnya . Namun jika kalian telah memiliki instalan laravel fresh di laptop kalian masing-masing kalian dapat melewati sesi ini.

Apa itu laravel ?

Laravel merupakan sebuah kerangka kerja atau framework PHP yang masih cukup populer saat ini. Laravel sangat membantu para developer untuk menciptakan sebuah website dengan waktu yang relatif lebih singkat jika dibandingkan dengan harus membuat program sendiri dari nol. Laravel sendiri dikembangkan oleh seseorang yang berkebangsaan Amerika Serikat yang bernama Taylor Otwell . Alasan Taylor Otwell mengembangkan framework laravel sendiri dikarenakan ketidakpuasanya terhadap fitur buit in yang dimiliki oleh Codeigniter. Didasari dari alasan tersebut Taylor Otwell kemudian mengembangkan framework yang diberi nama laravel untuk memberikan alternatif yang lebih canggih dari framework Codeigniter yang tidak menyediakan autentikasi dan otorisasi bawaan. Laravel sendiri bersifat Open Source yang berarti bebas diakses oleh siapapun selain itu kalian juga dapat ikut berkontribusi dalam penyempurnaan framework laravel yang sudah ada. Pola arsitektur yang dimiliki Laravel sebagian besar didasari oleh Symfony . Sampai saat ini framework laravel telah rilis sampai versi yang ke 7 . Jika kalian mau melihat dokuumentasi lengkap dari laravel ini kalian dapat mengunjungi situs laravel di link berikut ini.

Sebelum memulai tutorial laravel pada sesi cara instal laravel ini terlebih dahulu kalian persiapkan Requirement yang akan kita butuhkan untuk menginstall laravel ini diantaranya :

  • PHP >= 7.2.5
  • BCMath PHP Extension
  • Ctype PHP Extension
  • Fileinfo PHP extension
  • JSON PHP Extension
  • Mbstring PHP Extension
  • OpenSSL PHP Extension
  • PDO PHP Extension
  • Tokenizer PHP Extension
  • XML PHP Extension

Versi PHP kita menggunakan minimum versi 7.2.5 dikarenakan kita akan menginstall laravel versi 7 dimana saat ini versi ini merupakan versi terbaru dari laravel. Bagi kalian pengguna Xampp atau lampp secara otomatis requirement diatas sudah ikut terinstall saat kalian menginstall xampp atau lampp jadi bagi kalian yang gak mau ribet harus install ini itu saya sarankan install xampp atau lampp saja.

Tutorial Laravel – Cara Install Laravel di Windows dan Linux

Cara install laravel di windows hampir sama langkahnya dengan menginstall laravel di linux. Untuk menginstall terlebih dahulu kalian harus menginstall composer. Untuk mendownload file composernya kalian dapat kunjungi link berikut di sini jika kalian pengguna windows atau ikuti langkah berikut di sini bagi kalian pengguna linux . Untuk mengecek apakah composer telah berhasil di install atau belum kalian dapat mengetikkan perintah ” composer “ berikut di command prompt bagi kalian pengguna windows atau di terminal bagi kalian pengguna linux.

Tutorial Laravel - Cara Instal Laravel

Setelah itu untuk memulai menginstall laravel terlebih dahulu kalian masuk ke folder htdocs bagi kalian yang menggunakan xampp. Untuk masuk ke folder htdocs dapat dilakukan dengan menggunakan perintah seperti berikut ini :

Bagi windows

cd..    //untuk  kembali ke  directori sebelumnya
cd ..   
cd xampp  //untuk masuk ke directori xampp
cd htdocs  // untuk masuk ke directori htdocs

Bagi Linux

cd /opt/lampp/htdocs

Setelah masuk ke folder htdocs atau folder dimana kalian akan menyimpan hasil installan laravel kalian kemudian kettikkan perintah berikut di Terminal ataupun Command Propmt kalian untuk memulai proses instalasi laravel :

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_project_kamu

Penjelasan :

Perintah diatas digunakan untuk membuat sebuah project baru laravel dengan instalan laravel versi terbaru . nama_project_kamu merupakan nama folder dari laravel yang akan kita install , Kalian dapat merubah nama tersebut sesuai dengan project yang akan kalian buat. Setelah itu tunggu proses download package-package laravel sampai selesai hingga didapati hasil seperti dibawah ini :

Cara Instal Laravel

Dan sekarang kalian telah memiliki instalan laravel yang masih fresh belum dilakukan modifikasi apapun. Untuk melihat versi dari laravel kalian yang telah berhasil terinstall dapat dilakukan dengan cara membuka file composer.json kemudian lihat didalam kurung kurawal require seperti berikut :

"require": {
        "php": "^7.2.5",
        "fideloper/proxy": "^4.2",
        "fruitcake/laravel-cors": "^1.0",
        "guzzlehttp/guzzle": "^6.3",
        "laravel/framework": "^7.0",   //versi laravel yang telah diinstall
        "laravel/tinker": "^2.0"
    },

Testing Instalan Laravel

Untuk testing kalian dapat mencoba menjalankan scribt laravel yang telah berhasil kalian install dengan masuk ke directori instalan laravel kalian dimana pada sesi ini saya menggunakan nama nama_project_kamu dengan menggunakan perintah sebagai berikut :

cd nama_project_kamu

Kemudian jalankan laravel dengan mengetikkan perintah seperti berikut ini :

php artisan serve

Selain menggunakan perintah tersebut untuk menjalankan scribt laravel kita, kita dapat juga menjalankan installan laravel dengan menggunakan xampp yang telah kalian install tadi dari awal. Untuk menjalankan laravel menggunakan xampp cukup dengan masuk ke panel xampp dan aktifkan web server apachenya kemudian buka browser kalian dan ketikkan http://localhost/nama_project_kamu/public . Maka akan tampil halaman welcome yang merupakan halaman bawaan dari instalan laravel kalian seperti pada gambar berikut ini:

cara install laravel di windows

KESIMPULAN

Kita telah berhasil menginstall laravel dengan versi 7.0 yang merupakan versi terbaru dari laravel saat ini. Jadi pada sesi tutorial laravel yang pertama ini tentang cara instal laravel telah berhasil kita kerjakan untuk sesi selanjutnya kita akan mempelajari tentang … coming soon

2 Replies to “Tutorial Laravel 1 – Cara Instal Laravel Step by…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *