Cara Install Chrome di Ubuntu disertai Gambar dan Penjelasanya

1 min read

Cara Install Chrome di Ubuntu – Google Chrome adalah sebuah perangkat lunak peramban web seperti halnya Firefox, Opera ataupun Microsoft Edge. Jika Firefox dikembangkan oleh Mozilla, Google Chrome dibuat dan dirancang oleh Google, perusahaan internet terbesar di dunia. Google chrome cukup populer dan merupakan salah satu mesin peramban yang sering digunakan didunia dikarenakan cepat, aman, dan penuh fitur untuk memberi user pengalaman menjelajah terbaik. Chrome bukanlah browser sumber terbuka, dan tidak termasuk dalam repositori Ubuntu makanya ketika anda mencoba memasang Google Chrome dari Ubuntu Software Center, Anda tidak akan menemukannya di sana , justru kemungkinan anda akan disarankan untuk menginstall Chromium (proyek opensource dari Chrome berasal).

Dalam tutorial ini, kami akan menunjukkan cara menginstall Chrome di Ubuntu 16.04. Instruksi yang sama berlaku untuk Ubuntu 18.04 dan distribusi berbasis Debian lainnya, termasuk Debian, Linux Mint, dan Elementary OS.

Cara Install Chrome di Ubuntu

Untuk menginstall chrome di ubuntu dapat dilakukan dengan langkah-langkaah berikut ini :

1. Download Google Chrome

Mendownload chrome pada ubuntu dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu melalui website chrome langsung atau bisa juga melalui terminal pada ubuntu.

  • Download Chrome Via Website.

Untuk mendownload lewat website chrome anda dapat mengetikkan url https://www.google.com/chrome/ pada browser kalian atau dengan mengekliknya disini. Setelah itu klik tombol button download seperti pada gambar dibawah ini :

Download Google Chrome

Setelah itu akan muncul pilihan package yang akan kalian download . Bagi kalian pengguna Ubuntu ( Baik Ubuntu 16.04 ,Ubuntu 18.04 dll) atau Debian kalian bisa memilih package dengan ektensi .deb seperti pada gambar berikut. setelah itu klik tombol Accept and Install.

Cara Install Chrome di Ubuntu
  • Download Chrome Via Terminal

Buka terminal pada ubuntu Anda baik dengan menekan tombol Ctrl + Alt + T pada keyboard atau dengan mencarinya pada kolom search dan kemudian mengeklik ikon terminal.

Cara Install Chrome di Ubuntu

Unduh paket .deb Google Chrome terbaru dengan wget dengan mengetikkan perintah berikut pada terminal anda :

$ wget https://dl.google.com/linux/direct/google-chrome-stable_current_amd64.deb

2. Install Google Chrome

Untuk menginstal paket Chrome yang telah kita download tadi baik melalui website atau melalui terminal di Ubuntu membutuhkan hak anda sebagai super user. Pastikan Anda menjalankan perintah sudo untuk merubah hak akses anda sebagai superuser . Ketikkan perintah berikut pada terminal kalian untuk memulai proses intallasinya :

sudo apt install ./google-chrome-stable_current_amd64.deb

Note : Bagi kalian yang mendownload google chrome melalui website , sesuaikan nama dari paket .deb google chrome yang telah kalian download.

3. Memulai Menggunakan Google Chrome

Setelah proses installasi google chrome telah selesai maka chrome pun sudah siap digunakan. Untuk memulai menggunakan google chrome dapat dilakukan dengan cara lakukan pencarian google chrome yang telah kita install dengan mengetikkan Chrome pada kolom search seperti berikut ini. Kemudian klik icon chrome untuk menjalankanya.

Memulai Menggunakan Google Chrome

Saat Anda memulai menggunakan Google Chrome untuk pertama kalinya, akan muncul jendela seperti berikut yang menanyakan apakah Anda ingin menjadikan Google Chrome sebagai peramban bawaan Anda dan mengirimkan statistik penggunaan dan laporan kerusakan ke Google. Pilih sesuai dengan preferensi Anda, dan klik OK untuk melanjutkan.

Google Chrome akan terbuka dan kemudian anda akan dibawa ke halaman selamat datang milik Chrome.

Dari sini, Anda dapat masuk ke Chrome dengan Akun Google Anda untuk menyinkronkan bookmark, riwayat, sandi, dan setelan lain di semua perangkat Anda. Sekian artikel dari saya mengenai Cara Install Chrome di Ubuntu kali ini semoga bermanfaat bagi kalian semua.

One Reply to “Cara Install Chrome di Ubuntu disertai Gambar dan Penjelasanya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *