Cara Install Composer di Windows 10 dan Linux

1 min read

Cara Install Composer di Windows 10 dan Linux

Hai kembali lagi di kodekreasi.com , pada tutorial kali ini kita akan mempelajari bagaimana Cara Install Composer di Windows 10 dan Linux Ubuntu. Sebelum kita melangkah ke tahap instalasi alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu Apa Itu Composer ?, Composer adalah dependency manager untuk PHP. Fungsi composer sendiri hampir sama seperti Gem pada Ruby, Maven pada Java, NPM pada Node.js atau Apt pada ubuntu.
Dengan menggunakan Composer, kita menjadi lebih mudah dalam memanage dependency (libraries)  yang diperlukan pada project aplikasi kita seperti download, autoload, update dependency dan lain-lain.
Hingga saat ini sudah ada ribuan package dan libraries php yang terdaftar di repository Composer (Packagist) yang dapat kita gunakan.

Cara Install Composer di Windows 10

  • Langkah pertama, silahkan download composer melalui halaman website resminya di https://getcomposer.org/download/ atau melalui link download composer berikut .
  • Setelah itu buka file installer composer yang telah kalian download ,kemudian double klik installer composer atau bisa juga dengan cara klik kanan pada installer composer tersebut dan pilih Run as administrator.
  • Pada jendela Select stup install mode , pilih install for all users agar composer dapat digunakan disemua user yang terdaftar di komputer yang sama atau jika kalian hanya ingin menggunakan composer di salah satu user saja maka pilih install for me only.
  • Pada jendela Composer Setup beri centang pada developer mode, kemudian klik tombol Next.
  • Pada halaman select destination location , pilih lokasi dimana akan dilakukan pemasangan. Secara default pemasangan biasanya akan dilakukan di directory C pada folder composer. Klik next saja jika kalian tidak ingin merubahnya.
  • Pada jendela Setting Check, klik tombol Next.
  • Pada jendela Proxy Settings, klik tombol Next jika koneksi internet tidak menggunakan proxy.
  • Pada jendela Ready Install, klik tombol Install.
  • Pada jendela Information, klik tombol Next.
  • Pada jendela Composer Setup, klik tombol Finish.
  • Untuk mengecek apakah instalasi Composer yang telah dilakukan berhasil atau tidak. Silahkan buka Command Prompt di PC Anda dan ketikan composer. Apabila tampilannya seperti gambar di bawah ini itu tandanya berhasil.

Cara install Composer di Linux Ubuntu

Di bawah ini adalah langkah-langkah instalasi Composer PHP di Linux Ubuntu 14.04:

  1. Download Composer via Curl:

    $ curl –sS https://getcomposer.org/installer | php
  2. Pindahkan Composer ke folder /usr/local/bin/composer:

    $ sudo mv composer.phar /usr/local/bin/composer

    Dengan memindahkan Composer ke folder /usr/local/bin/composer tujuannya adalah untuk mempermudah pemanggilannya, sehingga kita tidak perlu menuliskan perintah “php composer.phar” cukup “composer” saja.

Sekian artikel dari say kali ini mengenai cara instal composer di windows 10 dan linux, jangan lupa baca artikel saya yang lain ya..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *