Cara Install Libreoffice di Ubuntu Terlengkap !!

1 min read

Cara Install Libreoffice di Ubuntu

Cara Install Libreoffice di Ubuntu – LibreOffice adalah aplikasi office lengkap gratis dan open-source yang dapat digunakan pada sistem operasi Linux dan Windows. Aplikasi ini dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF). Pada dasarnya libreOffice mempunyai fitur dan fungsi yang hampir sama dengan Microsoft Office.

Untuk menginstall menginstal LibreOffice dapat dilakukan dengan beberapa cara diantaranya yaitu dengan menggunakan paket Debian yang tersedia di bawah PPA resmi atau menggunakan paket Snap untuk menginstall. Pada tutorial kali ini saya akan membahas tentang cara menginstal LibreOffice pada sistem operasi Linux Ubuntu 20.04 LTS.

Cara Install Libreoffice di Ubuntu

Paket Libreoffice terbaru tersedia di bawah paket PPA resmi. Anda Juga dapat menggunakan paket Snap yang tersedia untuk ubuntu yang dapat anda gunakan untuk melakukan instalasi libreoffice.

Baca Juga : Cara Install Chrome di Ubuntu

Anda dapat menggunakan salah satu metode di bawah ini untuk melakukan installasi Libreoffice di sistem operasi Ubuntu pada komputer anda:

Install Libreoffice menggunakan Paket Snap

Snap atau Snappy adalah paket manager aplikasi yang dikembangkan oleh Canonical dan bisa digunakan di sistem operasi GNU/Linux. Untuk melakukan installasi libreoffice menggunakan snap terlebih dahulu pastikan paket snap ini sudah terinstall di komputer kalian. Setelah itu kalian dapat mengetikkan perintah berikut pada terminal ubuntu kalian :

sudo snap install libreoffice 

Menginstal Libreoffice LibreOffice melalui PPA

PPA khusus LibreOffice 7.0 tersedia dengan paket debian terbaru. Pertama-tama, Anda dapat menambahkannya ke sistem ubuntu Anda dengan menjalankan perintah berikut ini :

sudo add-apt-repository ppa:libreoffice/libreoffice-7-0

Perintah diatas digunakan untuk memperbarui cache paket di sistem ubuntu Anda. Setelah itu jalankan perintah berikut ini untuk memulai proses installasi libreoffice pada komputer anda :

sudo apt install libreoffice 

Libreoffice telah berhasil diinstal di sistem Anda.

Menjalankan Libreoffice di Ubuntu

Untuk menjalankan aplikasi libreoffice yang telah berhasil kita install dapat dilakukan dengan cara membuka kolom pencarian pada Ubuntu. Kemudian lakukan pencarian dengan mengetikkan libreoffice pada kolom pencarian.

Cara Install Libreoffice di Ubuntu Terlengkap !!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *