KodeKreasi

kodekreasi

Cara install MongoDB di Windows 10 Disertai Gambar

1 min read

Apa itu MongoDB

Setelah pada artikel sebelumnya kita berkenalan dengan Apa Itu MongoDB ? . Ditutorial kali ini kita akan mempelajari cara install MongoDb di windows 10 disertai dengan gambar langkah-langkahnya. MongoDB sendiri dapat digunakan pada sistem operasi linux, windows maupun macOS, namun pada tutorial kali ini kita akan mencoba melakukan installasi MongoDB pada sistem operasi windows 10 64 bit . Sebenernya dokumentasi resmi cara installasi MongoDB sendiri sudah tersedia di halaman resminya mongo db. Namun bagi kalian yang merasa kesulitan dalam memahami dokumentasi resmi yang telah di release oleh mongoDB kalian dapat mengikuti tutorial ini .

Cara install MongoDB di Windows 10

Sebelum menginstall mongoDb terlebih dahulu kita harus mendownload file MongoDb yang akan kita install melalui situs resminya. MongoDb menyediakan dua service yang berbeda yang dapat kita install yaitu versi enterprise dan community . Pada tutorial ini kita akan menggunakan yang versi comunnity. Untuk mendownload mongoDB dengan versi comunnity kalian dapat langsung mengunjungi link berikut ini download MongoDB . Pada bagian mongoDB comunnity server pilih versi MongoDB yang akan kalian install kemudian pada bagian platform pilih windows dan pada bagian package kalian pilih yang msi seperti pada gambar dibawah ini. Setelah itu klik button download untuk memulai proses downloadnya.

Download MongoDB Windows 10

Setelah proses download package pada MongoDb selesai, selanjutnya buka folder dimana file yang telah didownload tadi berada kemudian mulai proses installasinya dengan cara klik kanan pada package yang telah didownload kemudian pilih install.

Cara install MongoDB di Windows 10

Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan proses installasinya.

Cara install MongoDB

Setelah itu scroll user license aggrement sampai bawah kemudian beri centang pada accept the terms in the license aggrement , selanjutnya klik tombol Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Cara install MongoDB

Pada bagian Setup Type kita akan melakukan installasi semua fiturnya dengan mengeklik tombol Complete. Kalian juga dapat menginstall fitur-fiturnya sesuai dengan kebutuhan kalian dengan menekan tombol custom. Kemudian klik tombol Next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

Cara install MongoDB

Pada bagian Service Conviguration pilih radio button Run Service as Network Service User , kemudian klik Next untuk melanjutkan prosesnya.

Cara install MongoDB

Selanjutnya kalian akan diberi pilihan apakah akan menginstall MongoDB Compass sekalian atau tidak. MongoDB Compass sendiri merupakan tools GUI dari mongoDB yang dibuat oleh mongoDB sendiri. Tools ini hampir mirip phpmyadmin jika di MySQL. Untuk tutorial ini kita juga akan melakukan install MongoDB Compass sekalian sehingga kalian dapat memberikan centang pada Install MongoDB Compass , selanjutnya klik Next untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Cara install MongoDB

Selanjutnya klik tombol Install untuk memulai penginstallan paket-paket pada MongoDB ke komputer kalian. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Cara install MongoDB

Terkahir klik finish untuk mengakhiri proses installasinya. Dan proses installasi MongoDB pada komputer windows kalian telah berhasil. Selanjutnya kita akan mempelajari cara penggunaan dari MongoDB .

Sekian artikel dari saya kali ini mengenai Cara install MongoDB di Windows 10 Disertai Gambar , Jangan lupa baca artikel saya yang lain ya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *