KodeKreasi

kodekreasi

Cara Install Node js dan NPM via cmd di Windows 10

2 min read

Install Node js via cmd

Hai kembali lagi di kodekreasi.com , kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara install node js dan NPM via cmd di windows 10 jadi simak baik-baik ya ……

Apa itu Node Js ?

Sebagai developer website tentu kalian tidak asing lagi dengan namanya node js bukan. Dulu javascript hanya digunakan sebagai client side scripting sehingga scribt hanya bisa dikelola dari sisi client saja sedangkan diservernya kita harus menggunakan bahasa pemrogramman yang berbeda. Tentu hal ini akan menyusahkan bagi seorang Fullstack developer dikarenakan mereka harus memahami beberapa bahasa pemrogramman yang berbeda untuk bisa membangun sebuah website dari sisi Front-End dan Back-End . Namun pada tahun 2009, Ryan Dahl berhasil memecahkan masalah tersebut dengan membuat Node Js sehingga scribt javascribt yang mulanya hanya bisa di eksekusi dari sisi client saja sekarang sudah bisa di jalankan dari sisi server juga . Seiring bertambahnya tahun Node Js pun mulai banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sekelas Netflix, Uber, Paypal, dan eBay dll.

Cara Install Node Js dan NPM via cmd

Baca Juga : cara menghapus node js

Untuk menginstall node js di windows dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu dengan menginstall langsung paket Node Js atau dengan menggunakan Node Js Installer , namun pada tutorial ini kita akan menggunakan Node Js Installer .Ok langsung saja untuk memulai proses installasi node js di komputer kalian ikutilah langkah-langkah berikut ini :

Download Node Js

Langkah pertama yang perlu kalian lakukan untuk memulai menginstall node js adalah dengan mendownload Node Js installer melalui situs resminya node js di https://nodejs.org/en/download . Sesuaikan versi node js installer kalian dengan spesifikasi windows kalian, karena di sini saya menggunakan windows 10 64 bit maka yang tertampil adalah x-64 . Untuk versi Node Js terbaru saat artikel ini ditulis adalah versi 16.3.1 dimana didalamnya sudah include dengan NPM (Node Package Manager). Setelah itu tunggu proses downloadnya sampai selesai.

Install Node js via cmd

Baca Juga : Cara Install Composer di Windows 10 dan Linux

Menginstall Node Js

Setelah kalian berhasil mendownload node js installer selanjutnya buka folder dimana file Node Js Installer di simpan kemudian klik 2 x untuk memulai proses installasinya.

Install Node js via cmd

Setelah itu akan muncul modal dialog wizard seperti pada gambar dibawah , klik next saja untuk melanjutkan ke proses selanjutnya .

Install Node js via cmd

Selanjutnya akan muncul user license agreement , klik checkbox i accept kemudian pilih next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

cara install node js di visual studio code

Selanjutnya pilih destinasi lokasi dimana nantinya package-package dari Node Js di letakkan. Pada tutorial ini saya memilih lokasi default yaitu di directori C:\Program Files\nodejs\ . Selanjutnya pilih next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

cara install node js di visual studio code

Selanjutnya anda tinggal memilih komponen untuk disertakan atau dihapus dari instalasi. Pilih default, kecuali jika Anda memiliki kebutuhan khusus. Klik Next untuk melanjukan ke proses berikutnya .

cara install node js windows

Selanjutnya akan muncul dialog apakah kalian mau menginstall modul pendukung secara otomatis? . Pada tutorial ini saya melakukan installasi modul pendukung secara otomatis dengan mencentang checkbox. Klik next untuk melanjutkan ke proses selanjutnya.

cara install node js windows

Terakhir klik install, untuk memulai installasi Node Js pada komputer kalian dan tunggu sampai prosesnya selesai.

Mengecek Node Js lewat CMD

Langkah yang tak kalah penting untuk memastikan apakah proses installasi node js kalian telah berhasil sepenuhnya adalah dengan mengeceknya melalui CMD dengan mengetikkan perintah node -v pada CMD kalian seperti berikut ini :

Install Node js via cmd

Menginstall Modul menggunakan NPM via CMD

Seperti yang telah saya jelaskan tadi jika NPM sendiri sudah disertakan saat kita melakukan installasi node js namun ketika kita membutuhkan modul-modul atau package-package tertentu pada project kita , kita perlu menginstallnya sendiri menggunakan NPM . Berikut adalah contoh perintah menginstall modul dengan menggunakan NPM di CMD:

npm install <nama_modul> 
npm i <nama_modul>

Note : nama modul diganti dengan package yang ingin kalian install.

Jadi inilah fungsi dari NPM sendiri yaitu sebagai package manager dari Node Js. Selain itu NPM juga berfungsi sebagai repository online di mana penggunanya dapat membagikan modul Node Js dan aplikasi karyanya.

Baca Juga : Cara Update Node Js di cmd pada windows

Sekian artikel dari saya kali ini mengenai Cara Install Node js dan NPM via cmd di Windows 10 , jangan lupa baca artikel saya yang lain ya….

2 Replies to “Cara Install Node js dan NPM via cmd di…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *