KodeKreasi

kodekreasi

Cara Memasang Bootstrap di Laravel 8

1 min read

Cara Memasang Bootstrap di Laravel 8

Hai kembali lagi di kodekreasi.com , pada tutorial kali ini kita akan belajar tentang cara memasang bootstrap di laravel 8. Sejak releasenya laravel versi 8 ,kini laravel menggunakan Tailwind CSS sebagai framework CSS utamanya. Meskipun tailwind CSS merupakan framework CSS terbaik menurut beberapa developer namun kenyataanya masih banyak developer yang masih menggunakan bootstrap sampai saat ini. Salah satu alasan banyaknya developer yang masih nyaman menggunakan boostrap dikarenakan dibutuhkan waktu lagi untuk belajar menggunakan Tailwind CSS dalam pengembangan aplikasi mereka, apalagi jika waktu pengerjaan project yang cukup singkat tentu banyak developer yang akan menggunakan teknologi yang sudah mereka kuasai dari pada harus belajar teknologi baru yang tentunya itu memakan banyak waktu . Namun tenang bagi kalian pengguna bootstrap di laravel, walaupun di laravel 8 bootstrap tidak digunakan lagi akan tetapi kalian masih tetep bisa menggunakanya di laravel 8 kok yaitu dengan menggunakan Laravel/ui .

Kok Laravel/ui bukanya itu untuk laravel 6 dan laravel 7 ya ?

Tenang walaupun laravel/ui adalah front end scaffolding untuk laravel 6 dan 7 akan tetapi pada laravel 8 kita masih bisa menggunakan package tersebut kok. Ok, langsung saja kita lakukan percobaanya saja bagaimana cara install dan cara memasang bootstrap di laravel 8 .

Cara Memasang Bootstrap di Laravel 8

Langkah pertama siapkan installan project laravel kalian dengan menjalankan scribt berikut ini :

BACA JUGA : Cara Instal Laravel Step by Step

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_project_kamu

Setelah itu masuk ke direktori project laravel kamu terus jalankan perintah berikut ini untuk menginstall package laravel/ui .

composer require laravel/ui

Dengan menjalankan perintah diatas kalian telah menginstall bootstrap versi 4.6.x kedalam project laravel kalian.

Setelah itu generate bootstrap scaffolding yang telah kalian install tadi dengan menggunakan perintah seperti berikut ini :

php artisan ui bootstrap --auth	

Maka proses install bootstrap di laravel 8 telah selesai . sekian artikel dari saya kali ini mengenai Cara Memasang Bootstrap di Laravel 8.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *