Cara Membuka MySQL di CMD (Command Prompt) Lengkap

2 min read

Cara Membuka MySQL di CMD

Hai , kembali lagi di kodekreasi.com , setelah pada tutorial sebelumnya kita telah belajar cara instal mysql selanjutnya pada tutorial kali ini kita akan belajar Cara Membuka MySQL di CMD atau Command Prompt . Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya Apa yang dimaksud MySQL ? , MySQL memiliki arsitektur klient server dimana untuk dapat menjalankan MySQL client kita harus terhubung dengan MySQL server terlebih dahulu. Server pada MySQL dapat berada pada sistem yang sama dengan MySQL client atau di host jarak jauh dan mengirim permintaan database melalui jaringan atau koneksi internet ke MySQL server, namun pada tutorial kali ini kita akan menjalankan MySQL server dan MySQL client pada sebuah komputer yang sama . MySQL server biasanya secara default sudah berjalan sejak MySQL terinstall namun pada beberapa kasus kita perlu menjalankan MySQL server ini secara manual .

Menjalankan MySQL Server Secara Manual

MySQL server adalah sebuah service pada MySQL yang bertugas untuk mengelola akses database aktual di disk atau memori , selain itu MySQL server juga bertugas untuk memproses request data dari MySQL client dan mengembalikan hasilnya ke MySQL client. Paket MySQL server sendiri bernama mysqld . Cara membuka MySQL server pada windows 10 dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut ini :

  • Pertama, buka dialog Run dengan menekan keyboard Windows + R atau dengan mengeklik menu start -> run.
  • Kedua, ketik cmd dan tekan Enter.
  • Ketiga, ketik mysqld dan tekan Enter.
  • Jika folder bin belum di tambahkan pada Windows path environment maka kalian dapat menjalankan mysql server dengan terlebih dahulu masuk pada folder bin seperti berikut :
cd C:\MySQL 8.0\bin
  • Setelah berhasil masuk ke direktori bin sekarang kalian sudah dapat menjalankan mysqld dengan menjalankan perintah seperti berikut ini :
mysqld --defaults-file="C:\MySQL 8.0\Data\my.ini"

Maksud dari perintah diatas adalah untuk menjalankan mysqld dengan tambahan baris perintah –defaults-file=”C:\MySQL 8.0\Data\my.ini”. Perintah –defaults-file digunakan untuk memberitahu MySQL Server bahwa lokasi file setting my.ini berada di C:\MySQL 8.0\Data\my.ini.

Setelah menjalankan MySQL server selanjutnya yang perlu kita lakukan adalaah menjalankan MySQL client.

Menjalankan MySQL Client di CMD

MySQL client adalah sebuah service pada MySQL yang bertanggung jawab atas semua interaksi ke MySQL server serta melakukan manipulasi informasi dalam database yang dikelola server. Menjalankan MySQL Client dari Command Prompt langkahnya agak berbeda dari menjalankan MySQL Client dari Start Menu, karena kita harus masuk ke dalam direktori server melalui Command Prompt. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  • Klik Start Menu -> All Programs -> Accessories -> Command Prompt.
  • Nanti akan muncul tampilan utama Command Prompt. Selanjutnya kita akan masuk ke direktori “MySQL 5.7\bin”. Di mana direktori ini pada PC saya terletak di drive C. Maka saya mengetikan “CD C:\MySQL 8.0\bin”. Apabila direktori ini terletak di drive D pada PC Anda, silahkan ketikan “CD D:\MySQL 8.0\bin”. Kemudian tekan tombol Enter.
Cara Membuka MySQL di CMD
  • Setelah itu masuk menggunakan user root dengan menggunakan perintah “mysql -u root –p”.
Cara Membuka MySQL di CMD (Command Prompt) Lengkap
  1. mysql ialah program MySQL Client yang kita gunakan untuk mengakses server.
  2. -u untuk memerintahkan MySQL, bahwa kita akan masuk menggunakan user root. Kita juga dapat masuk menggunakan user selain root, misalnya haniif. Maka perintahnya menjadi “–u haniif”. Namun, yang harus diingat apabila kita ingin masuk menggunakan user selain root, kita harus mendaftarkan user tersebut terlebih dahulu.
  3. -p untuk memerintahkan mysql agar selanjutnya menampilkan inputan password.

Penjelasan :

  • Silahkan masukan password user root. Jika pada saat instalasi Anda tidak membuat password untuk user root, silahkan kosongkan saja. Kemudian tekan tombol Enter.
  • Apabila password yang Anda masukan valid, maka server akan memberi ucapan selamat datang seperti gambar di bawah ini.
Menjalankan MySQL Client di CMD
  • Kalau sudah seperti gambar di atas, MySQL siap menerima perintah SQL.
  • Apabila Anda ingin keluar dari MySQL Prompt Anda dapat menuliskan perintah “quit”.

Sekian artikel dari saya kali ini mengenai Cara Membuka MySQL di CMD , jangan lupa baca artikel saya yang lain ..

2 Replies to “Cara Membuka MySQL di CMD (Command Prompt) Lengkap”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *