Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Kirim SMS dijamin Berhasil !!

4 min read

Tiba-tiba saja hp tidak bisa kirim sms dan terima sms? . Kenapa tidak bisa mengirim sms ? . Kejadian tersebut sering menjadi pertanyaan orang saat mereka mengalami kegagalan saat mengirim SMS terutama saat sedang mengirim pesan sms ke nomor tertentu, misalnya saja ke operator atau saat registrasi kartu SIM baru ke 4444 sebagai verifikasi untuk aktivasi kepemilikan data. Selebihnya untuk masalah pengiriman pesan singkat ke 3636 (sms premium) juga banyak yang tidak terkirim. Gagal kirim sms di hp Android bukan hanya karena faktor pulsa habis saja melainkan juga datang dari hal lainnya. Nah, untuk mengatasi hp yang tidak bisa kirim sms tersebut. Ada baiknya jika kita melihat terlebih dahulu dari faktor apa saja yang menjadi awal mula penyebabnya. Berikut beberapa hal yang dapat menyebabkan hp tidak bisa kirim sms ke nomor lain.

Penyebab Hp Tidak Bisa Kirim SMS

Kenapa tidak bisa mengirim sms ?. Ada banyak penyebab yang mendasari Hp tidak bisa mengirim sms beberapa hal diantaranya bisa datang dari masalah jaringan atau kerusakan hardware hp. Berikut telah saya rangkum untuk kalian tentang beragam gangguan yang sering menyebabkan pengiriman SMS atau pesan gagal yaitu :

HP mengalami hilang sinyal

Hilang sinyal dapat diakibatkan oleh beberapa faktor baik itu dari kerusakan hardware HP maupun dari kualitas jaringan yang sedang buruk. Beragam gangguan pada sinyal hp bisa membuat pesan sms yang dikirim gagal terus, sinyal jaringan yang lemah hingga tiba-tiba menghilang begitu saja. Masalah sinyal hp ini berakibat pada kualitas jaringan yang dihasilkan, alhasil saat menelpon suara sering putus-putus atau saat terhubung ke internet untuk membuka browsing saja lemotnya minta ampun.

Nomor Masuk Masa Tenggang

Salah satu hal yang sering kita lupakan adalah umur masa aktif kartu prabayar tersebut, pesan sms yang tidak bisa terkirim bisa juga datang dari masalah seperti ini. Saat kartu masuk masa tenggang beberapa akses kartu dibatasi, salah satunya untuk mengirim pesan dan menelpon. Biasanya hanya sebatas menerima sms dan menjawab telepon saja. Pulsa Habis
Tidak dapat mengirimkan pesan sms hanya karena masalah ini, mungkin sudah sering kita rasakan. Terlebih pulsa banyak terpakai untuk membeli paketan data internet. Alhasil pulsa berkurang dan habis, biasanya pengguna banyak yang tidak menyadari sebelum adanya pemberitahuan bahwa pulsa tidak mencukupi untuk mengirim pesan. Kartu SIM Rusak
Ini adalah hal yang jarang terjadi tetapi patut kita ketahui bahwa SIM Card yang telah rusak bisa menyebabkan banyak masalah seperti sms, telepon, hingga internet. Biasanya karena kartu SIM patah atau hal lainnya, alhasil kita harus menggantinya dengan kartu SIM baru agar tetap bisa terhubung dengan dunia luar.

Konfigurasi SMSC Salah

Short Message Service Center atau pengaturan konfigurasi sms pada kartu SIM ini berperan penting dalam mengatur keluar masuknya pesan sms di smartphone Android. Dalam kondisi sistem normal, pengaturan ini dapat langsung dipakai sesuai dengan default pengaturannya. Namun, terkadang karena kita sering usil setelan diubah tanpa mengetahui akibatnya.

Hanya Jaringan 4G

Banyak dari kita pengguna hp Android yang mengatur jaringan ke 4G Only, sah-sah saja sebenarnya karena memang direkomendasikan agar kecepatan internet lebih kencang atau tidak lemot. Namun, tipikal jaringan ini kurang support untuk melakukan hal remeh seperti berkirim pesan dan menerima panggilan.

Jika dilihat dari data di atas memang cukup banyak penyebabnya, setidaknya kita jadi tahu kenapa hp tidak bisa mengirim sms tersebut. Nah, untuk memperbaiki hp Android yang tidak bisa mengirimkan pesan sms ke nomor lainnya. Kamu bisa membaca tutorialnya di bawah ini. Tutorial ini berlaku di semua Hp android, Jadi buat Kamu pengguna hp Samsung, Advan, Asus, Acer, Oppo, Realme, Vivo, Huawei, Nokia, Xiaomi, dan lainnya. Langkah-langkah Memperbaiki Hp Android yang Tidak Bisa Mengirimkan Pesan SMS ke Nomor Lain dapat mencoba mempraktikkan tutorial berikut ini .

Mengatasi HP Tidak Bisa Mengirim SMS

1. Cek Masa Aktif Kartu Seluler Kamu

Hal ini sebenarnya merupakan hal yang cukup sepele , namun terkadang ada juga orang yang tidak menyadari jika masa aktif kartu seluler mereka sudah habis atau dalam masa tenggang terlebih lagi jika dia jarang menggunakan ponsel mereka setiap harinya atau hanya saat kondisi tertentu saja. Untuk saati ini rata-rata masa aktif yang diberikan oleh kebanyakan provider di indonesia adalah kurang lebih hanya 1 bulan , Jadi kalian harus sering-sering mengontrol masa aktif kartu kalian agar tidak kehabisan masa aktif atau bahkan hangus. Untuk memeriksa masa aktif dari kartu seluler yang kalian gunakan dapat menggunakan cara-cara berikut ini tergantung dengan provider yang kalian gunakan .

  • Telkomsel: Untuk melihat masa aktif kartu telkomsel dapat dilakukan dengan cara dial ke * 888 #.
  • XL: Untuk melihat masa aktif kartu XL dapat dilakukan dengan cara dial ke * 123 #.
  • AXIS:Untuk melihat masa aktif kartu AXIS dapat dilakukan dengan cara dial ke * 123 #.
  • Indosat:Untuk melihat masa aktif kartu Indosat Ooredoo dapat dilakukan dengan cara dial ke * 555 #. Tetapi juga bisa * 123 #.
  • Smartfren: Untuk Smartfren, dapat mencoba untuk memanggil (banding) 999. Akan ada panggilan suara, yang menginformasikan sisa masa aktif kartu Anda.
  • 3 ( Tri ) : Untuk melihat masa aktif kartu Tri dapat dilakukan dengan cara dial ke * 111 #.

Anda juga dapat mencoba menggunakan aplikasi yang disediakan oleh provider dari kartu seluler yang kalian gunakan seperti BimaTri, MyTelkomsel, MyXL, dan lain-lain untuk mengatasi android tidak bisa kirim sms .

2. Cek Saldo Pulsa Kalian, Apakah Masih Ada atau tidak ?

Semakin merebaknya pengguna ponsel android menyebabkan para pengguna kartu seluler banyak yang beralih dari membeli pulsa berganti dengan menggunakan voucer internet karena dirasa lebih murah dari pada harus memaketkanya sendiri. Hal tersebutlah terkadang yang menyebabkan kita tidak menyadari bahwa pulsa dari kartu seluler kita sudah habis. Terkadang juga ada orang yang lupa mengecek paket data internetnya yang sudah mau habis yang menyebabkan ketika paket data habis maka akses internet akan mengambil dari saldo pulsa yang kita miliki sehingga tiba-tiba pulsa habis. Untuk mengecek pulsa pada kartu seluler kalian dapat dilakukan dengan cara seperti berikut .

  • Telkomsel: Silakan masukkan kode dial * 888 # lalu YES atau panggilan. Nanti akan muncul sisa jendela pulsa.
  • XL: Untuk XL, ketik baris kode * 123 # dan klik YES atau panggilan. Pada jendela baru akan disimpan saldo kartu Anda.
  • AXIS: Karena AXIS ini masih satu perusaahaan dengan XL untuk mengecek saldo pulsa pun sama dengan cara XL yaitu dengan dial * 123 #.
  • Indosat: Untuk Indosat, masukkan kode * 363 # kemudian klik Yes atau OK.
  • Smartfren: Khusus penggunaan Smartfren dapat melakukanya dengan dial * 999 #, lalu klik YES atau panggilan.
  • 3 (Tri) : Untuk pengguna Tri untuk melihat saldo pulsa kalian dapat dilakukan dengan dial * 111 #.

3. Periksa Konfigurasi SMSC pada Ponsel Kalian.

Sebenarnya pengaturan SMSC ini tidak tersedia disemua ponsel hanya ponsel-ponsel tertentu saja yang masih tersedia fitur konfigurasi SMSC ini. Untuk melakukan konfigurasi ualang pada SMSC kalian dapat dilakukan dengan cara berikut ini :

  • Jika ponsel kalian memiliki 2 slot simcard pastikan kartu yang bermasalah anda terpasang di slot simcard 1.
  • Buka pengaturan SMS dengan cara masuk ke menu SMS bawaan ponsel kemudian klik tombol titik tiga di pojok atas tampilan menu SMS kalian -> Kemudian Pilih Pengaturan.
Hp Tidak Bisa Kirim SMS
  • Setelah itu, pergi ke Pengaturan Pesan teks -> Kemudian Pusat Pesan / SMS Center -> Set kode sesuai dengan provider yang kalian gunakan.
Kenapa tidak bisa mengirim sms

Untuk kodenya sendiri , Kalian dapat menyesuaikanya seperti pada tabel berikut ini:

PROVIDERKODE
Telkomsel+6281100000
Indosat+628216124 (Ooredoo) atau +628550000 (IM3)
XL+62818445009 atau +628184450095 (coba satu-satu)
AXIS +628315000032
Smartfren+628811223344
Tri (3)+6289644000001

Setelah anda menemukan nomr SMSC untuk kartu anda maka lansung saja ganti “+7” dengan no SMSC sesuai dengan simcard yang anda gunakan. Kemudian tekan OK untuk menyimpannya. Jika berhasil tersimpan maka caranya cukup sampi disini dan anda bisa mengirim sms kembali.

Dari ketiga cara diatas dapat kalian coba praktikkan satu per satu untuk mengetahui Kenapa tidak bisa mengirim sms dan semoga berhasil. Sekian atikel saya kali ini tentang Cara Mengatasi Hp Tidak Bisa Kirim SMS jangan lupa baca artikel saya yang lain di kodekreasi.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *