KodeKreasi

kodekreasi

Cara uninstall node js di windows sepenuhnya

1 min read

Cara uninstall node js di windows sepenuhnya

Setelah pada tutorial sebelumnya kita telah mempelajari tentang cara install node js di windows dan cara update node js di windows, kali ini kita akan mempelajari tentang cara uninstall node js di windows. Menghapus installasi node js biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya terjadi masalah dengan node js yang telah kita lakukan installasi atau karena memang node js ini tidak digunakan lagi oleh kita. Untuk menghapus node js secara sepenuhnya dari komputer kita dapat dilakukan dengan berbagai cara , berikut ini saya telah merangkum cara terjitu yang telah terbukti berhasil untuk menghapus node js secara sepenuhnya di windows yang dapat kalian praktikkan jika kalian menemui masalah yang sama seperti judul artikel ini.

Cara uninstall node js di windows sepenuhnya

Langkah Pertama Menghapus Cache NPM :

Setiap kali kita menginstal sebuah paket dengan perintah npm install, npm menyimpan cache ke dalam sebuah file pada komputer kita. Direktori dimana  tempat data cache disimpan di Windows adalah %AppData%/npm-cache. Jadi, terlebih dahulu kita perlu membersihkan file-file cache tersebut. Cache dapat dibersihkan dengan menggunakan perintah seperti berikut ini :

npm cache clean --force

Langkah Kedua Memferivikasi Cache :

Untuk memferivikasi cache dapat dilakukan dengan menggunakan perintah seperti berikut ini :

npm cache verify

Langkah Ketiga Menghapus installasi node js :

Untuk menghapus node js secara sepenuhnya silakan buka control panel dikomputer anda dengan cara masukkan pencarian “control panel” pada kolom search di windows, maka akan didapati hasil seperti gambar berikut :

cara menghapus node js

Setelah itu pilih menu Programs kemudian pilih menu Programs and Features , setelah itu cari node js dan uninstall node js tersebut dengan cara klik kanan kemudian pilih uninstall .

cara menghapus node js

Langkah Keempat Merestart Komputer :

Langkah selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah merestart komputer.

Langkah Kelima Menghapus file-file node js yang kemungkinan masih tertinggal:

Pada saat proses uninstall node js tadi masih dimungkinkan beberapa file bawaan dari node js masih tertinggal pada komputer kita sehingga kita perlu mengeceknya kembali untuk memastikan bahwa proses menghapus node js telah dilakukan sepenuhnya. Untuk memastikan tidak ada file dan folder node js yang tertinggal dikomputer anda silakan periksa direktori-direktori berikut pada komputer anda dan silakan lakukan penghapusan jika direktori atau file tersebut masih kalian temukan.

C:\Program Files (x86)\Nodejs
C:\Program Files\Nodejs
C:\Users{User}\AppData\Roaming\npm atau buka run dan ketik appdata dan klik ok dan buka roaming di sana Anda akan menemukan npm.
C:\Users{User}\AppData\Roaming\npm-cache atau buka run dan ketik appdata dan klik ok dan buka roaming di sana Anda akan menemukan npm-cache.
C:\Users{Pengguna}.npmrc
C:\Users{User}\AppData\Local\Temp\npm-*

Langkah ke Enam Memasikan kembali proses uninstall telah berhasil :

Langkah terakhir adalah memastikan kembali bahwa node js kita telah berhasil kita uninstall dengan menggunakan perintah berikut pada Command prompt atau CMD:

where node

Perintah diatas digunakan untuk mengecek apakah masih ada node js yang terinstall di komputer kita.

Sekian artikel dari saya kali ini mengenai Cara uninstall node js di windows sepenuhnya, jangan lupa baca artikel saya yang lain ya …

2 Replies to “Cara uninstall node js di windows sepenuhnya”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *