Cara Uninstall Xampp di Windows disertai Gambarnya

1 min read

cara uninstall xampp

Kembali lagi di kodekreasi.com , setelah pada artikel sebelumnya kita telah melakukan penginstallan Xampp di windows pada artikel kali ini kita akan mempelajari bagaimana cara uninstall xampp . Dalam penggunaan xampp sering kali kita menemui beberapa kendala seperti xampp yang mengalami error atau versi yang sudah lama atau kadaluarsa yang terkadang memaksa kita untuk melakukan penghapusan terhadap Xampp yang telah terinstall dikomputer kita. Melakukan Uninstall xampp haruslah dilakukan dengan langkah-langkah yang benar agar file-file serta sitem bawaan xampp dapat terhapus secara bersih pada komputer kita untuk menghindari terjadinya crash atau tabrakan saat kita melakukan penginstallan ulang xampp pada komputer kita.

Baca Juga : Cara Mudah Menginstall Xampp di Windows

Uninstal xampp pada windows sendiri dapat dilakukan dengan berbbagai cara salah satunya yang akan kita bahas pada artikel ini adalah cara uninstall xampp lewat folder xampp yang telah terinstall. Ok tidak usah berlama-lama lagi langsung saja kita coba praktikkan .

Cara Uninstall Xampp

  • Buka folder xampp hasil installan kalian untuk defaulnya biasanya berada di direktori :C kemudian pilih folder xampp kemudian cari file dengan nama uninstall dengan type file aplicattion.
Cara Uninstal Xampp
  • Setelah itu jalankan file tersebut dengan klik 2x atau klik kanan terus pilih run as administrator .
Cara Uninstall Xampp
  • Setelah itu akan muncul jendela informasi folder tempat xampp diinstall pada komputer kalian. Untuk melanjutkan proses uninstallnya silakan pilih tombol Uninstall .
Cara Mudah Uninstall Xampp di Windows
  • Kemudian akan muncul jendela pilihan , pilih Yes untuk melanjutkan proses uninstall service-service xampp.
Cara Mudah Uninstall Xampp di Windows
  • Kemudian akan muncul jendela proses penghapusan file-file Xampp , tunggu sampai prosesnya benar-benar selesai.
  • Kemudian akan muncul jendela pertanyaan apakah kalian berniat untuk menghapus semua database pada folder mysql silakan pilih Yes untuk menyetujuinya atau No jika kalian tidak berniat menghapusnya.
Cara Uninstall Xampp di Windows 10
  • Setelah itu akan muncul jendela pertanyaan apakah kalian berniat untuk menghapus folder htdocs silakan pilih Yes untuk menyetujuinya atau No jika kalian tidak berniat menghapusnya.
cara uninstall xampp
  • Kemudian proses uninstall xampp akan berlanjut.
  • Setelah itu akan muncul kembali jendela pertanyaan apakah apakah kalian berniat untuk menghapus folder xampp silakan pilih Yes untuk menyetujuinya atau No jika kalian tidak berniat menghapusnya.
Cara Mudah Uninstall Xampp di Windows
  • Proses Uninstall xampp pun telah selesai silakan pilih tombol close untuk mengakhiri prosesnya.
Cara Uninstal Xampp di Windows
  • Untuk memastikan sekali lagi apakah proses uninstall telah benar-benar selesai dan file-file bawaan Xampp telah terhapus semua silakan buka direktori dimana sebelumnya kalian melakukan penginstallan xampp. Karena sebelumnya saya melakukan penginstallan Xampp secara default maka Xampp saya terinstall di directori C . Silakan amati direktori C jika masih ada folder bernama xampp silakan hapus saja karena kemungkinan ada proses penghapusan yang gagal saat proses uninstall tadi . Hal tersebut bertujuan untuk menghindari terjadinya crash saat kalian akan melakukan installasi xampp kembali.

Sekian artikel dari saya kali ini mengenai cara uninstall xampp pada windows jangan lupa baca artikel saya yang lain.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *