KodeKreasi

kodekreasi

Cara update node JS dan NPM di cmd pada Windows

1 min read

Cara update node JS di cmd

Setelah pada tutorial sebelumnya kita telah mempelajari tentang Cara Install Node js dan NPM via cmd di Windows 10 di tutorial kali ini kita akan belajar tentang cara update node js dan NPM di cmd . Melakukan update adalah hal yang lumrah ketika kita berbicara tentang sebuah aplikasi software. Update sebuat software atau perangkat lunak bertujuan untuk mengupgrade versi dari perangkat lunak yang sedang kita pakai . Node Js sendiri termasuk sebuah perangkat lunak yang masih terus dikembangkan sampai saat ini sehingga sangat wajar jika mereka selalu release versi terbaru dari Node Js mereka. Update Node Js windows dapat dilakukan dengan beberapa cara salah satunya memalui command prompt atau yang bisa disebut CMD . Berikut adalah langkah-langkah melakukan update node js di windows 10 , simak baik-baik ya ..

Cara update node JS di cmd pada windows

Pertama , buka cmd atau command prompt kalian dengan menekan tombol Windows + R pada keyboard kalian kemudian ketikkan cmd setelah itu klik OK.

Melihat Versi Node Js Terinstall

Lihat versi terbaru dari node js dengan mengunjungi website resminya di https://nodejs.org/en/download/ .

Lihat versi dari Node Js yang terpasang pada komputer kalian dengan cara mengetikkan perintah berikut pada cmd kalian.

node -v

Bandingkan versi terbaru Node Js yang telah release pada website resminya dengan versi Node Js yang ada pada komputer kalian jika memang versi Node Js kalian sudah usang dan perlu dilakukan update maka ikutilah langkah-langkah dibawah ini.

Mengupdate Node Js

Buka CMD kembali , kemudian kettikkan perintah berikut pada cmd kalian .

npm install -g update-node

Tunggu prosesnya sampai selesai , jika tidak terjadi error maka proses update Node Js kalian telah berhasil dilakukan. langkah selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah mengupdate NPM (node package manager).

Cara update NPM di cmd pada windows

Pada dasarnya NPM ini sebenarnya sudah ikut terupdate saat kita telah melakukan proses update Node Js , Namun terkadang pada kondisi tertentu kita perlu melakukan update versi NPM kita sendiri secara terpisah tanpa melakukan update Node Js nya sekalian. Untuk melakukan update NPM pada CMD di windows dapat kita lakukan dengan cara seperti berikut ini .

Buka CMD kalian kembali .

Ketikkan perintah seperti berikut ini pada CMD kalian.

npm install -g npm@8.1.2

Note:

8.1.2 merupakan versi dari NPM yang akan kalian install kembali. Sesuaikan dengan kebutuhan kalian masing-masing.

Tunggu proses updatenya sampai selesai.

Jika sudah kemudian cek kembali versi dari NPM pada komputer kalian dengan mengetikkan perintah berikut pada CMD kalian.

npm -v

Jika versi dari NPM yang terinstall pada komputer kalian telah berubah maka proses update NPM pada komputer kalian telah berhasil.

Baca Juga : cara menghapus node js

Sekian artikel dari saya kali ini mengenai Cara update node JS dan NPM di cmd pada Windows , Jangan lupa baca artikel saya yang lain ya..

Incoming Search Terms :

  • Cara update Node JS di Termux
  • Update node JS mac
  • update npm mac
  • Cara update npm di Windows 10
  • Upgrade versi node JS

One Reply to “Cara update node JS dan NPM di cmd pada…”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *