Mengatasi mysql tidak bisa start (mysql shutdown unexpectedly)

1 min read

mysql tidak bisa start

Hai kembali lagi di blog saya kodekreasi.com , kali ini kita akan membahas cara mengatasi mysql tidak bisa start pada xampp yang menunjukkan error mysql shutdown unexpectedly pada control panel xampp. Pernahkan kalian mengalami saat menjalankan xampp mysql tidak bisa start secara tiba-tiba padahal kalian tidak melakukan perubahan settingan pada xampp dan tidak merasa menghapus file tertentu pada xampp. Hal tersebut biasanya terjadi dikarenakan komputer atau laptop kalian mati secara tiba-tiba atau proses shutdown komputer atau laptop yang tidak sempurna sehingga ada file xampp yang corrupt sehingga xampp error dan tidak bisa di start. Namun tenang, kalian tidak perlu kuatir karena kalian telah datang di situs yang tepat , berikut ini cara mengatasi mengatasi mysql tidak bisa running di xampp yang telah saya coba praktikkan dan berhasil.

Cara mengatasi mysql tidak bisa start / solusi error: mysql shutdown unexpectedly pada xampp

  1. Pertama-tama masuk pada folder xampp yang biasanya berada pada directory :C kalian . Nb: jika pada saat penginstalan xampp kalian menaruh folder xampp tidak pada directory :C maka sesuaikan.
  2. Kemudian rename folder xampp/mysql/data menjadi xampp/mysql/data_old untuk berjaga-jaga agar database yang pernah kalian buat tidak hilang atau rusak.
  3. Kemudian buat folder dengan nama data baru didalam folder xampp/mysql sehingga akan menjadi seperti pada gambar berikut ini :
Cara mengatasi mysql tidak bisa start / solusi error: mysql shutdown unexpectedly pada xampp

4. Kemudian copy kan semua file dan folder yang berada pada folder xampp/mysql/backup ke dalam folder xampp/mysql/data yang telah kita buat tadi.

5. Selanjutnya pindahkan atau copy folder-folder database yang pernah kalian buat pada folder xampp/mysql/data_old ke dalam folder xampp/mysql/data. Catatan : untuk folder mysql , performance_schema, dan phpmyadmin tidak perlu di copy atau dipindahkan juga dikarenakan kita sudah punya folder-folder tersebut dari xampp/mysql/backup.

6. Yang terakhir copykan atau replace file ibdata1 yang berada pada folder xampp/mysql/data_old ke dalam folder xampp/mysql/data.

7. Sekarang coba buka kembali xampp control panel kemudian jalankan Apache dan Xampp dengan menekan button start pada xampp control panel , coba amati baik-baik pada log di xampp control panel jika didapati hasil seperti berikut maka masalah error mysql shutdown unexpectedly sudah berhasil teratasi.

cara mengatasi mysql tidak bisa running di xampp

Sekian artikel dari saya kali ini semoga bisa membantu kalian yang sedang mengalami xampp error dan ingin mengatasi mysql tidak bisa start (mysql shutdown unexpectedly). Jangan lupa baca artikel saya yang lain ya…

Cara Mengatasi installation failed Adobe After Effect Maupun Premiere

Cara Mengatasi installation failed Adobe – Hai kembali lagi di blog saya kodekreasi.com. Nah kali ini kodekreasi akan memberikan sebuah tips bagaimana cara mengatasi...
firman
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *