Beranda >

Mengenal Apa Itu Typescript

Tutorial Typescript 1 – Mengenal Apa Itu Typescript

apa itu typescript

Hai kembali lagi di blog saya kodekreasi.com . Di tutorial typescript kali ini kita terlebih dahulu akan mengenal apa itu typescript serta mengetahui apa perbedaan typescript dan javascript . TypeScript merupakan salah satu bahasa pemrogramman yang perkembanganya cukup pesat dan telah menjadi semakin populer selama beberapa tahun terakhir. Typescript diklaim datang sebagai penyempurna dari bahasa pemrogramman yang telah ada sebelumnya yaitu javascript. Maka dari itu banyak perusahaan yang sebelumnya menggunakan javascript mulai banyak yang beralih untuk menggunakan typescript, sehingga mau tidak mau kita sebagai developer yang sudah terbiasa menggunakan javascript juga harus mempelajari bahasa pemrogramman typescript ini juga. Tapi jangan khawatir , jika kalian sudah tahu JavaScript, Kalian akan dapat mempelajari TypeScript ini dengan cepat. Bahkan jika kalian tidak berencana menggunakan TypeScript ini pada project kalian, mempelajarinya akan memberi kalian pemahaman yang lebih baik tentang JavaScript dan menjadikan kalian seorang developer yang lebih baik.

Apa Itu Typescript ?

TypeScript adalah salah satu bahasa pemrograman berorientasi object yang bersifat open-source yang dibangun di atas JavaScript. Bahasa pemrograman ini dikelola dan dikembangkan oleh Microsoft dibawah lisensi Apache 2. TypeScript pertama kali dirilis pada Oktober 2012. Sosok dibalik pengembangan bahasa pemrograman ini bernama Anders Hejlsberg yang juga merupakan seseorang yang punya andil pada terciptanya bahasa pemrogramman C# .

Fitur Fitur TypeScript

TypeScript diciptakan untuk mengatasi tantangan pendahulunya yaitu JavaScript untuk aplikasi kompleks tingkat besar. Maka dari itu TypeScript hadir dengan fitur – fitur seperti class, module, dan interface yang membuat para developer bisa mengembangkan sebuah aplikasi kompleks dengan lebih cepat dan efisien. Berikut ini adalah daftar fitur-fitur yang ada pada TypeScript :

  • Support Class dan Module
  • Static Type-checking
  • Support ES6 Feature
  • Clear Library API Definition
  • Build-in Support untuk JavaScript Packaging
  • Support Interface
  • Support Namespaces
  • Support Null Checking
  • Support Access Modifiers

Perbedaan Typescript dan Javascript

perbedaan typescript dan javascript

TypeScript dan JavaScript adalah dua bahasa pemrograman yang terpisah, meskipun TypeScript sangat didasarkan pada JavaScript. Faktanya, TypeScript adalah superset dari JavaScript, artinya semua kode JavaScript yang valid juga merupakan kode TypeScript yang valid.

TypeScript tidak mengubah JavaScript, melainkan mengembangkannya dengan fitur baru yang berharga. Sehingga kalian masih dapat menuliskan printah-perintah code milik JavaScript kedalam file TypeScript namun sebaliknya kalian tidak dapat menuliskan perintah-perintah code milik typescript pada file javascript.

Namun walaupun sebagai superset dari javascript ternyata antara javascript dan typescript sendiri memiliki beberapa perbedaan seperti berikut :

  1. TypeScript dikenal sebagai bahasa pemrograman berorientasi objek (OOP) sedangkan JavaScript adalah bahasa berbasis prototipe.
  2. TypeScript mempunyai fitur yang dikenal dengan nama static typing tetapi pada JavaScript tidak mendukung fitur ini.
  3. TypeScript memiliki type data yang lebih banyak jika dibandingkan dengan Javascript dimana pada TypeScript terdapat setidaknya ada 12 type data sedangkan pada Javascript hanya memiliki 9 type data . Semua type data pada Javascript terdapat pada typescript karena typescript sendiri merupakan superset dari Javascript.
  4. Typescript mendukung Interface sedangkan pada Javascript tidak.
  5. Dari segi peformance Typescript lebih unggul dibandingkan dengan Javascript , seperti yang telah kita ketahui bahwa , TypeScript diciptakan untuk mengatasi tantangan JavaScript untuk aplikasi kompleks tingkat besar. Oleh karena itu, TypeScript menghemat waktu pengembangan dan memungkinkan pengembangan menjadi lebih efisien.
  6. Selain itu perbedaan yang paling mendasar antara TypeScript dan JavaScript adalah bahwa kode TypeScript harus dikompilasi ke dalam JavaScript terlebih dahulu oleh compiler sebelum dieksekusi.

Sekian tutorial typescript kali ini yang semoga saja bisa membuat kita menjadi lebih mengenal apa itu typescript serta mengetahui apa perbedaan typescript dan javascript . Untuk tutorial selanjutnya kita akan mencoba untuk menginstall typescript .

SHARE

Postingan Lainnya

profil
Fullstack engineer
cara install typescript

Cara Install Typescript dengan Yarn atau NPM

Setelah di tutorial typescript sebelumnya kita telah mengenal apa itu typescript , di tutorial ka .....

profil
Fullstack engineer
apa itu typescript

Tutorial Typescript 1 – Mengenal Apa Itu Typescript

Hai kembali lagi di blog saya kodekreasi.com . Di tutorial typescript kali ini kita terlebih dahu .....

profil
Fullstack engineer
apa itu javascript

Apa Itu Javascript dan Fungsinya

Hai kembali lagi di kodekreasi.com, ditutorial kali ini kita akan mempelajari apa itu javascript .....

profil
Fullstack engineer
Cara Membuat Migration Laravel

Cara Membuat Migration Laravel – Tutorial Laravel 2

Hai kembali lagi di kodekreasi.com pada seri belajar laravel 9 . Pada tutorial sebelumnya kita te .....