Ploting Data dengan Matplotlib pada Python

2 min read

Sama seperti Bahasa pemrograman lain, Python juga memiliki banyak library yang dapat digunakan untuk membantu kita dalam membangun sebuah aplikasi, salah satunya yaitu library matplotlib. Matplotlib adalah library yang paling sering digunakan oleh data science karena dapat digunakan untuk memvisualisasikan data (misalnya dalam bentuk grafis). selain itu library ini juga memiliki Plot untuk menampilkan data secara 2D atau 3D. Plot sendiri dapat berupa garis, sebaran, atau histogram. Untuk menggunakan matplotlib kalian harus menginstall library tersebut terlebih dahulu dengan menggunakan perintah “ pip install matplotlib ” jika menggunakan python2 atau “ pip3 install matplotlib ” jika kalian menggunakan python 3. Bagi kalian yang menggunakan anaconda kalian dapat menginstalnya dengan menggunakan perintah ” conda install matplotlib “.

Ploting Data dengan Matplotlib

Kali ini kita akan mencoba mepraktikkan penggunaan library matplotlib untuk membuat grafik plotting data. Dalam praktik ini saya akan menggunakan text editor jupyter notebook .

Langkah pertama untuk menggunakan fungsi-fungsi dari library matplotlib ini kita harus mengimport nya terlebih dahulu ke file project kita seperti berikut ini :

import matplotlib.pyplot as plt

Untuk membuat garis kordinat untuk ploting data menggunakan perintah dibawah ini :

plt.axis([0,10,0,25])

maka akan didapati hasil seperti berikut ini :

cara install matplotlib di python

Penjelasan :

Untuk menampilkan garis koordinat kita menggunakan fungsi axis dimana fungsi axis sendiri memiliki 1 parameter yang berupa array yaitu pada array indeks pertama digunakan untuk menentukan titik awal garis koordinat X dan array indeks ke 2 digunakan untuk menentukan titik akhir garis koordinat X . Sedangkan array indeks ke 3 digunakan untuk menentukan titik awal garis koordinat Y dan array indeks ke 4 digunakan untuk menentukan titik akhir garis koordinat Y.

Untuk menampilkan data kordinat semisal kita akan mencoba menampilkan data koordinat {(2,4), (2.5,11), (6,14), (7,17), (9,24)} dapat dilakukan menggunakan scribt berikut ini :

plt.plot([2,2.5,6,7,9],[4,11,14,17,24])
plt.show()

maka akan didapati hasil seperti berikut ini :

Ploting Data dengan Matplotlib pada Python

Penjelasan :

fungsi plot() digunakan untuk menampilkan data koordinat kedalam garis koordinat yang tadi telah dibuat. Fungsi plot mempunyai 3 buah parameter dimana parameter pertama akan menentukan posisi titik X dan parameter ke 2 akan menentukan posisi titik Y sedangkan parameter ke 3 digunakan untuk menentukan jenis grafik yang akan ditampilkan dan jika parameter ini dikosongi maka secara default jenis grafiknya akan berupa line atau garis.

Memberi nama variabel sumbu x dan sumbu y pada grafik dengan menambahkan scribt seperti dibawah ini :

plt.xlabel('Actual birth weight')
plt.ylabel('Estimated birth weight')

Ploting Data CSV dengan Matplotlib

Setelah kalian mengerti basic penggunaan library Matplotlib seperti yang telah saya jelaskan diatas tadi sekarang kita akan mencoba untuk membuat graph dari data CSV. Namun sebelumnya kalian dapat mendownload data csv yang telah saya sediakan disini . Kemudian simpan di dalam folder yang sama dengan file project kalian. Setelah itu kita dapat memulai langkah programming nya berikut adalah langkah-langkah membuat grafik dengan python dari data csv berikut ini :

Melihat feature-feature yang tersedia dari data csv yang akan dilakukan ploting berikut adalah scribtnya :

import pandas as pd
pd.plotting.register_matplotlib_converters()
import matplotlib.pyplot as plt
%matplotlib inline
import seaborn as sns

tes = 'insurance.csv'
belajar = pd.read_csv(tes)
belajar.head()

maka hasilnya akan seperti berikut ini :

fungsi seaborn pada python

Lihat pada tabel diatas , terdapat feature-feature yang dapat kita manfaatkan untuk membuat ploting data dengan menggunakan library matplotlib . Sebagai contoh kita akan mencoba membuat scatter plot dengan data bmi sebagai sumbu X dan data charges sebagai sumbu Y berikut adalah scribt programnya :

sns.scatterplot(x=belajar['bmi'],y=belajar['charges'])

maka akan didapati hasil seperti berikut ini :

belajar matplotlib (python)

Dari hasil diatas dapat dilihat jika scatter plot sendiri merupakan tipe diagram dimana diagram scaterplot berbentuk titik-titik berwarna dengan titik penyebaran sesuai koordinat yang telah ditentukan.

Sekian artikel saya kali ini yang telah membahas ploting data dengan library matplotlib jangan lupa baca artikel saya yang lain tentang belajar web scrapping dengan beautifulsoup

Incoming Search Terms :

  • belajar matplotlib (python)
  • cara install matplotlib di python
  • fungsi linspace pada python
  • fungsi seaborn pada python
  • library python untuk mengolah data
  • grafik pada matplotlib
  • belajar python untuk data science

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *