SSL Web Hosting – Pengertian, Cara Kerja dan Mengapa Anda Membutuhkannya

2 min read

Kembali lagi di blog saya kodekreasi.com , kali ini saya akan membahas tentang pengertian serta cara kerja ssl web hosting serta mengapa kalian membutuhkanya. Bagi kalian yang baru pertama kali membeli atau berlangganan web hosting pasti kalian akan bertanya-tanya apasih fungsi ssl sebenarnya ? , So jangan khawatir saya akan mencoba menjelaskanya secara singkat semoga mudah kalian pahami. SSL (Secure Sockets Layer) adalah teknologi keamanan yang membuat tautan terenkripsi antara server web dan browser sehingga kumunikasi data antara client dan server akan menjadi lebih aman dari pihak-pihak yang ingin mencuri data. SSL Ini adalah teknologi yang banyak digunakan dan yang banyak tertanam di semua browser populer dan digunakan di jutaan situs website e commerce untuk mengamankan detail transaksi online dengan pelanggan mereka.

Cara Kerja SSL Web Hosting

Saat browser Anda terhubung ke server SSL, secara otomatis meminta server untuk Sertifikat Digital Otoritas (CA). Sertifikat digital ini secara positif mengautentikasi identitas server untuk memastikan Anda tidak akan mengirim data sensitif ke situs peretas atau penipu. Browser juga memastikan nama domain sesuai dengan nama di CA dan CA telah dibuat oleh otoritas tepercaya dan memiliki tanda tangan digital yang valid.
Jika situs tersebut sah, browser web akan memberitahu web surfer bahwa “jabat tangan/handshake” ini telah terjadi dengan menampilkan ikon kunci. Di sisi lain jika CA tidak membuat nilai atau kedaluwarsa, browser akan memunculkan jendela warning untuk memberi tahu anda tentang masalah SSL yang dihadapi dan untuk membuat anda sadar bahwa anda sedang akan mengakses halaman yang tidak aman.

Setelah jabat tangan( handshake ) selesai, browser Anda akan secara otomatis mengenkripsi semua informasi dari browser web ke server. Informasi dienkripsi sebelum meninggalkan browser sehingga secara efektif tidak dapat dibaca dalam perjalanan. Informasi yang dikirim kembali dari server juga dienkripsi sebelum dikirim dan didekripsi di ujung lain hanya setelah browser menerimanya.

Keuntungan Menggunakan SSL

Selain menghindari pencurian informasi, sertifikat SSL secara efektif membuktikan keabsahan bisnis Anda dengan verifikasi lengkap atas kredensial perusahaan Anda. Sehingga pelanggan akan menjadi lebih percaya kepada perusahaan an dalam memberikan informasi kartu kredit mereka saat membeli sesuatu dari Anda secara online.

Memperoleh Sertifikat SSL

Untuk menggunakan SSL, perusahaan atau individu yang terikat secara hukum harus membeli Sertifikat SSL dari Otoritas Sertifikasi seperti GoDaddy atau NameCheap. Biasanya Sertifikat SSL akan berisi nama domain, nama perusahaan, alamat, kota, negara bagian, negara, tanggal kadaluwarsa, dan detail Otoritas Sertifikasi yang bertanggung jawab atas penerbitan sertifikat.

Aktivasi SSL

Saat Anda mengaktifkan SSL di server web Anda, Anda akan diminta untuk menyelesaikan sejumlah pertanyaan yang berkaitan dengan identitas situs web dan perusahaan Anda. Server web Anda kemudian membuat dua kunci kriptografi – Kunci Pribadi dan Kunci Publik. Kunci publik yang sesuai dengan namanya tidak harus rahasia. Itu ditempatkan ke dalam Permintaan Penandatanganan Sertifikat (CSR) – file data yang berisi detail Anda.
Langkah selanjutnya adalah mengajukan CSR. Selama proses aplikasi Sertifikat SSL, Otoritas Sertifikasi akan memvalidasi detail Anda dan menerbitkan Sertifikat SSL. Server web Anda akan mencocokkan Sertifikat SSL yang Anda terbitkan dengan Kunci Pribadi Anda, memungkinkan Anda membuat tautan terenkripsi antara situs web dan browser pelanggan Anda.

Memilih Web Hosting Dengan SSL

Karena penggunaan SSL yang meluas, Anda akan kesulitan menemukan host web yang tidak menawarkan kemampuan untuk memasang sertifikat Anda sendiri. Host cPanel memungkinkan Anda untuk menginstal sertifikat secara manual yang memberi Anda kontrol penuh atas aktivasi.

Dibagikan vs Sertifikat SSL Anda Sendiri

Banyak web host yang menawarkan SSL gratis didalam paket berlangganan hosting kepada pelanggan mereka. Dalam hal ini adalah web host memiliki tanggung jawab penuh untuk memperbarui sertifikat setelah tanggal kedaluwarsa telah berlalu.
Keuntungan menggunakan sertifikat bawaan dari web hosting ini adalah tidak dikenakan biaya sepeser pun! sedangkan Kerugiannya adalah, pengelolaan sertifikat berada di luar kendali Anda. Jika host Anda tidak memperbarui sertifikat setelah kedaluwarsa, situs Anda tidak akan lolos prosedur jabat tangan( handshake ) SSL dan pengguna Anda mengirim pesan peringatan bukan karena kesalahan Anda sendiri.
Kerugian lainnya adalah untuk mengakses sertifikat Anda harus menggunakan nama URL jelek yang terdiri dari domain host Anda dan nama pengguna Anda. Jika Anda memasang sertifikat Anda sendiri, nama domain Anda yang sebenarnya dapat digunakan yang terlihat jauh lebih profesional.
Ingatlah bahwa banyak host yang menawarkan SSL gratis pada paket hostingan mereka dan tidak mengiklankannya seperti biasanya layanan tambahan.
Ingatlah juga bahwa saat Anda menggunakan sertifikat Anda sendiri untuk SSL, diperlukan IP khusus dan laman itu akan dimuat jauh lebih lambat melalui SSL.

Memilih Sertifikat SSL?

Ada banyak jenis sertifikat di pasaran dengan berbagai tingkat harga. Meskipun perusahaan akan mencoba dan meyakinkan pelanggan bahwa data transaksinya akan aman namun pelanggan tetap harus waspada terhadap semua kemungkinan, kecuali jika sertifikat yang digunakan oleh perusahaan paling terkenal (dan lebih mahal), sebenarnya semua sertifikat SSL pada dasarnya sama dan pelanggan yang rata-rata tidak cukup melek web tidak akan mengetahui perbedaannya. Beberapa bahkan tidak akan keberatan jika perusahaan tidak menggunakan SSL sama sekali. Sertifikat murah seperti RapidSLL mungkin sesuai dengan kebutuhan kebanyakan orang.

Apa Itu Dedicated Hosting

firman
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *